SELAMAT DATANG DI BLOG RESMI "PROGRAM KEAHLIAN PERHOTELAN" SMK SAHID SURAKARTA

Kamis, 21 Mei 2020

Grooming For Hotelier

Salah satu hal yang harus diperhatikan ketika kita ingin bergabung di dunia jasa seperti hotel adalah bagaimana mempersiapkan personal grooming yang baik. Personal grooming meliputi personal hygiene dan sanitasi didalamnya. Industri yang bergerak di bidang jasa berbeda dengan industri manufaktur dimana produk  bisa disortir atau di coba dulu oleh calon konsumen. Maka untuk menjual jasa diperlukan personal grooming dan atribut oleh semua penjual jasa sebagai kesan pertama yang akan dilihat oleh calon konsumen dan satu hal yang membuat calon konsumen yakin untuk menggunakan jasanya.  Penampilan, kebersihan, komunikasi , dan attitude akan mendukung sekali industri jasa dalam memjual produknya.

Everybody is Marketer, bahwa semua petugas yang ada pada lingkup suatu hotel merupakan seorang penjual meskipun di hotel sendiri terdapat bagian yang khusus melakukan pemasaran dan penjualan yaitu marketing. Tamu tidak akan pernah memilih kepada siapa mereka akan mencari informasi mengenai produk hotel melainkan kepada siapapun tamu akan bertemu pertama kali. Maka alangkah baiknya jika semua karyawan dibekali dengan cara berpenampilan menarik, kebersihan, komunikasi, dan attitude yang baik. Hal semacam ini akan menunjang rasa percaya diri seorang petugas hotel dalam berinteraksi dengan calon konsumen/ calon tamu.

Grooming seharusnya menarik dan tidak berlebihan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Menggali Potensi Kewirausahaan Melalui Kegiatan Edufair

  Kegiatan Edufair (pameran pendidikan) di sejumlah sekolah menengah pertama tentunya menjadi salah satu media untuk memperkenalkan  bagi si...